Rabu, 19 Oktober 2011

membaca

1. Hakikat membaca identik dengan melek wacana yaitu memiliki kemampuan visual dan kemampuan kognisi. Kemampuan visual adalah kemampuan mata melihat dan menangkap lambang-lambang tulis secara cepat. Kemampuan kognisi adalah kemampuan otak memahami makna dan maksud lambang-lambang secara tepat.

2. Mengukur Kecepatan Membaca (KM) adalah menghitung jumlah kata dalam bacaan dibagi dengan jumlah waktu baca dalam hitungan detik, jumlah waktu dibagi 60 sehingga menjadi menit

Mengukur Pemahaman Isi (PI) adalah menghitung persentase skor jawaban yang benar atas skor jawaban ideal dari pertanyaan tes pemahaman bacaan.

Mengukur Kemampuan Efektif Membaca (KEM) menghitung jumlah kata dalam bacaan dibagi jumlah detik membaca kemudian hasilnya dikalikan dengan persentase pemahaman isi.

Tidak semua jenis bacaan harus dibaca secara cepat.

3. Membaca memindai yaitu membaca dengan cepat sesuatu bahan bacaan yang kita cari yang mungkin terdapat di dalamnya.

4. Scanning adalah keterampilan membaca yang bertujuan menemukan informasi khusus dengan sangat cepat. Seperti kita mencari kata dalam kamus. Yang dituju hanya satu kata itu kita tidak perlu mencari kata lainnya. Contoh lainnya ketika kita mencari iklan lowongan kerja, tentu saja yang kita lihat hanya pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kita.
Skimming memerlukan kecepatan membaca yang tinggi dibandingkan scanning. Contoh ketika kita ingin membeli buku anak di sebuah toko buku. Sebelum memutuskan membelinya tentu kita melihat judul, gambar, cover, isi bacaan yang cocok untuk anak kita.

5. Membaca pemahaman yaitu kegiatan membaca dalam hati yang dilakukan untuk memperoleh pengertian tentang sesuatu atau untuk tujuan belajar sehingga memperoleh pengertian tentang sesuatu atau untuk tujuan belajar. Tahap-tahap membaca pemahaman yaitu prabaca, pendugaan, membaca cepat dengan kecepatan bervariasi dan menandai bahan bacaan.

5. Menilai bacaan secara kritis dapat dilakukan dengan mengetahui maksud penulis, memahami organisasi dasar tulisan, dan menilai penyajian penulis/pengarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar